Android N

Waow ! Google Rilis Android N

Android N

Android N

Kabar mengejutkan datang dari Google. Google rilis android N. Raksasa teknologi ini hari ini  mengumumkan dan mirilis versi awal Android N. Google ternyata mengeluarkan versi penerus dari android M. Banyak yang mengira sistem operasi terbaru dari google akan merilisnya pada mei di forum konferensi pengembang. Ternyata dugaan ini salah besar.

Hiroshi Lockheimer, Google SVP pada Android, Chrome OS dan Chromecast menulis hari ini di media bahwa versi preview telah dirilis. Peluncuran ini untuk mendapatkan umpan balik dari para pengembang lebih awal dari sistem operasi android terbaru ini. Selain itu, google juga ingin dapat melepas kepada produsen pada musim panas mendatang.

Fitur Android N

Fitur Android N

Lalu seperti apa kelebihan android N ini ? Google menambahkan fitur baru dan perbaikan sistem dari versi sebelumnya. Sepertinya Google mengutamakan fitur baru di android N ini. Diantara perubahan fitur yang disematkan google antara lain adanya fitur notifikasi yang memungkinkan user untuk menggunakan fitur balasan langsung dari notifikasi. Dan untuk pertama kalinya dalam sistem android akan menawarkan layar terpisah ( split screen view ). Dengan fitur ini, anda dapat menjalankan 2 aplikasi pada waktu bersamaan. Fitur ini adalah fitur yang sudah ditunggu – tunggu pengguna android sejak lama. terutama pada tablet, seperti pada Google Pixel-C. Android N juga akan menawarkan a picture in picture mode.

Fitur Android N

Fitur Android N

Anda masih ingat google mengumumkan fitur Doze di android M? Di android N, firut ini akan ditingkatkan dan akan membuat pemakaian baterai lebih irit saat layar dimatikan. Google juga mengatakan bahwa pada versi android terbaru ini akan sedikit memakan memory dan akan membuat aplikasi yang berjalan di background berjalan lebih efisien. Google juga menambahkan dukungan bagi para pengembang dengan peningkatan dukungan android N terhadap bahasa Java 8. Menarik bukan?

Anda ingin mencoba android N? Google membuka kesempatan anda untuk menpatkan update OTA. Tetapi hanya untuk anda yang mempunyai perangkat Nexus. Pembaruan tersedia untuk Google Nexus 6, Nexus 5 X, Nexus 6P, Nexus pemain, Nexus 9 dan Pixel C. Semoga bermanfaat.