Cara Upgrade,Downgrade dan Ganti Custom ROM Via TWRP

twrp

TWRP Recovery

Halo sahabat slaranesia, anda suka otak atik gadget alias bahasa kerennya oprek android? Pasti sudah tak asing lagi dengan aktivitas upgrade maupun downgrade ROM. Atau bahkan menggunakan ROM yang bukan bawaan pabrik perangkat anda. Dan sudah pasti, anda sudah sangat familiar dengan tool yang satu ini, TWRP. TWRP akan sangat membantu kita ketika perangkat kita mengalami masalah, terutama saat mau upgrade, downgrade dan ganti custom ROM. Proses upgrade, downgrade dan ganti custom ROM via TWRP akan menjadi lebih mudah.

Nah, apa sebenarnya TWRP ini?  TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang berguna untuk mengkostumisasi Recovery bawaan di Smarthpone tersebut. Atau mengganti recovery bawaan dari hp kita. Contoh nya seperti ini jika sebelumnya di fitur Recovery bawaan tidak ada fitur Backup Restore dan lain – lain maka di TWRP ini kita bisa menambah Fitur yang tidak ada di Recovery bawaan tersebut. Menarik bukan?

Langkah – langkah untuk upgrade, downgrade dan ganti custom ROM via TWRP adalah sebagai berikut :

  1.  Pertama, pastikan HP anda udah terpasang TWRP . Bagi yang belum terpasang TWRP, bisa anda kunjungi forum MIUI.
  2. Kemudian downloadlah file ROM sesuai dengan jenis perangkat anda. Ubah nama file menjadi ROM .zip dan taruh atau copy saja di memory internal (luar folder bukan di dalam folder).
  3. Masuk ke TWRP Recovery. Kemudian buka updater – tekan ikon titik 3 di pojok kanan atas – pilih muat ulang ke mode pembaruan/ reboot to recovery mode.
  4. Sebelum masuk proses di atas pastikan anda membackup dulu dari TWRP pada menu backup untuk berjaga kalau proses flash gagal. (jika gagal bisa kita restore lagi data dan system perangkat kita)
  5. Setelah itu pilih wipe – advanced wipe – centang dalvik, chace, data, system – swipe. Pada langkah ini tunggu sampai proses berjalan hingga selesai.
  6. Tekan back sampai ke menu utama TWRP – pilih reboot – recovery – HH akan restart & masuk TWRP lagi.
  7. Setelah itu pilih install – cari file ROM .zip yang sudah kita download & simpan tadi – swipe – tunggu sampai selesai.
  8. Jika waktu proses installasi failled muncul tulisan ERROR 7 ulangi langkah nomor 3 – back – buka mount – hapus centang system – install ROM
  9. Setelah successfully – pilih wipes chace/dalvik – reboot system
  10. Tunggu proses sampai selesai , biasanya agak lama, jadi sabarlah menunggu.

Demikian tadi cara untuk upgrade, downgrade dan ganti custom ROM via TWRP (menggunakan TWRP Recovery). Yang perlu diperhatikan adalah ROM yang anda pakai pastikan sudah sesuai dengan jenis HP anda. Bagi anda yang sudah sering oprek HH mungkin cara ini sangat mudah, tetapi bagi anda yang baru pertama kali melakukannya, perhatikan langkah – langkahnya dengan teliti ya agar berhasil flashing via TWRP.  Semoga bermanfaat