Tengkleng

Tengkleng Gajah, Sensasi Tengkleng dengan Rasa dan Ukuran Luar Biasa

” Menikmati hidangan spesial yang diolah oleh tangan – tangan terampil dengan rasa luar biasa, rasanya pengen berlama – lama menikmatinya “

Area Parkir

Area Parkir

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan berkunjung ke sebuah warung tengkleng yang terkenal di kota Yogyakarta. Di sebuah wilayah yang termasuk kawasan Kaliurang Yogyakarta tepatnya,ada sebuah tempat yang selalu ramai oleh pengunjung.  Bahkan, banyak pengunjung yang jauh – jauh dating dari luar kota untuk mencicipi makanan ini. Ya, Tengkleng Gajah, begitu tempat ini sering disebut. Sebuah warung yang terletak di dekat Jalan Kaliurang. Tepatnya di KM 9,3 Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman Yogyakarta.

Untuk menuju ke Tengkleng Gajah, anda bisa mengambil rute mengikuti Jalan Kaliurang ke utara hingga kilometer 9,3. Sebelum lampu merah Merapi View ada pertigaan, anda ambil belok kanan (arah timur). Kemudian susuri jalan tersebut. Lokasi Tengkleng Gajah berjarak sekitar 1 km dari Jalan Kaliurang dan lokasinya di sebelah kanan jalan.

Tengkleng

Tengkleng

Sate Kambing

Sate Kambing

Tengkleng Gajah, sesuai dengan namanya menghidangkan makanan spesialnya berupa tengkleng. Bukan berarti tengkleng dari hewan gajah, tetapi karena ukuran tengklengnya yang berbeda dengan tengkleng pada biasanya. Tengkleng disini mempunyai ukuran yang lebih besar. Selain itu, tengkleng gajah dimasak dengan cara dibakar dengan bumbu – bumbu pilihan sehingga rasanya sangat menggoda di lidah. Disajikan dalam kondisi panas, dengan daging yang masih menempel di tulang. Aroma dan tampilannya begitu menggiurkan. Rasanya sangat enak .Warung tengkleng gajah buka setiap hari dari pukul 09.00 – 21.00 WIB. Di musim liburan atau akhir pekan biasanya tengkleng akan cepat habis.

Varian masakan di warung ini juga beragam. Anda bisa memilih sesuai selera. Selain Tengkleng Gajah yang menjadi hidangan special, ada juga tengkleng biasa, eits tunggu dulu, tetapi ukurannya tetap jumbo lho. Selain itu, aneka varian masakan dari daging kambing lainnya juga tersedia, beragam olahan kambing seperti sate kambing, tongseng kambing, juga nasi goreng kambing. Total ada sekitar  11 menu olahan daging kambing. Anda bisa memilih menu sesuai selera mereka mau digoreng, dibakar, ditongseng dengan cita rasa manis, pedas, bahkan gurih. Beragam minuman juga bisa anda pilih untuk menemani santapan anda. Mulai dari es teh, teh hangat, jeruk hangat atau es jeruk serta berbagai jenis jus.

Menu kuliner Yogyakarta yang sangat enak ini harganya relatif terjangkau. Satu porsi tengkleng gajah harganya sekitar 30.000 rupiah. Demikian juga dengan varian olahan lainnya. Harganya relatif sama. Sedangkan harga minuman kisaran harga 7000 ribuan, sangat terjangkau bukan? Jadi, jangan lupa mampirlah ke Warung Tengkleng Gajah ini saat anda berkunjung ke Yogyakarta. Nikmati sensasi hidangan tengkleng dengan rasa dan ukuran yang luar biasa.

Warung Tengkleng Gajah

Jl. Kaliurang KM. 9,3, Bulurejo, Minomartani, Ngaglik
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582