KASTA bersama Wakil Bupati Karanganyar

Sekilas Mengenal Grup Musik KASTA PERCUSSION

KASTA bersama Wakil Bupati Karanganyar

KASTA bersama Wakil Bupati Karanganyar

Tahukah anda, di salah satu daerah di kaki gunung Lawu Karanganyar ada sebuah grup musik dengan aliran yang khas. Grup musik ini menggunakan angklung sebagai alat utamanya. Irama yang dihasilkannya pun enak didengar telinga. Didirikan oleh sekelompok anak muda yang mempunyai keinginan kuat untuk membumikan musik tradisional di Indonesia.

KASTA, Kesenian Tradisional Angklung nama dari grup musik ini. Grup musik yang berdiri sejak tahun 2015 lalu berasal dari Berjo, Ngargoyoso.  Adalah Wawan yang memotori berdirinya KASTA. Berawal dari keisengannya nongkrong dan membuat ketipung berbahan pralon akhirnya muncul ide untuk membuat sebuah grup musik. Ide ini semakin mengkristal ketika Wawan berjalan Рjalan di kawasan Malioboro Yogyakarta. Ia menemukan aliran musik yang sederhana tetapi sangat menghibur. Kecintaannya pada dunia musik akhirnya ia salurkan dengan membentuk grup musik bersama teman Рtemannya.

Aliran musik tradisional saat ini belum banyak di wilayah Karanganyar. Hal ini menjadi salah satu visi anak – anak KASTA. Bukan tanpa perjuangan dalam membentuk grup musik, Wawan dan teman – temannya menemukan kesulitan. Pertama kali membeli angklung berasal dari modal patungan. Alat musik yang lain dibuat dari bahan bekas. Soal kulaitas pun mereka hanya belajar secara ototidak, tanpa pelatih profesiona. Tetapi hasilnya luar biasa, grup musik KASTA ini pelan tapi pasti mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat. Wawan mengakui, setiap potongan cerita dari KASTA ini tak terlupakan, penuh perjuangan dari awal sampai hari ini.

Grup KASTA PERCUSION saat ini terdiri dari 7 orang personel. Mereka adalah :

  1. Wawan – Angklung
  2. Iqbal – Calung
  3. Anas – Drum
  4. Risky – Tamborin
  5. Junaidi – Kentong
  6. Toto – Bass 1
  7. Fiky – Bass 2

Grup musik KASTA ini sering mengisi acara di tempat – tempat wisata di Karanganyar. Sebut saja Jumog, Kebun Teh, Bale Kambang, Intan Pari, CFD dan yang lainnya. Selain itu, tak sedikit juga mengisi acara di instansi Pemerintah ataupun Ormas.

Penampilan KASTA

Penampilan KASTA

Ada secuil harapan yang dilangitkan anak – anak KASTA ini. Dikenal masyarakat luas dan memajukan wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar. Keren bukan. Keberadaan KASTA diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung wisata dan memberi warna khas bahwa kesenian tradisional harus tetap lestari meskipun waktu berganti. Mampu bersaing dan mengikuti arus modernitas jaman.

Grup musik KASTA saat ini bermarkas di Tagung, Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Berada di kaki Gunung lawu nan sejuk dan damai. Untuk mengenal kegiatan KASTA PERCUSSION, anda bisa menghubungi kontak mereka di bawah ini.

Email : kasta.percussion@gmail.com

Telp : 085747132060 ( WA)

BBM : 51E2D565

Instagram : @kasta.percussion

Line : @tgd9046g

Anda penasaran dengan dengan grup ini ? Silahkan temukan mereka di tempat wisata, terutama di daerah timur Karanganyar. Atau anda ingin mengundang mereka untuk acara anda, silahkan hubungi mereka. Nikmati alunan musik yang asyik khas anak negeri.