Sakaw Coffee, Sensasi Kopi Nikmat Di Tawangmangu

IMG_20160821_195243

Kopi adalah salah satu minuman yang mengakar di negara kita. Tradisi minum kopi sudah ada sejak ribuan tahun. Sebutlah kopi Aceh yang melegenda hingga hari ini. Bahkan sejak kecil sudah banyak masyarakat Indonesia yang dikenalkan dengan minuman kopi selain susu. Sampai ada beberapa orang yang merasakan pusing dan tidak enak badan jika mereka tidak minum secangkir kopi dalam sehari. Kopi yang ada di Indonesia sudah lebih dari sekedar minuman penghangat tubuh. Melalui secangkir kopi obrolan-obrolan hangat bisa dimulai, melalui kopi pula kita bisa saling bertukar informasi. Menjadi perekat dan penghilang sekat dalam masyarakat kita.

Minum secangkir kopi di rumah mungkin sudah terlalu biasa. Sesekali ingin juga menikmati kopi di tempat yang berbeda dan spesial. Tepatnya kemarin, saya jalan – jalan ke Tawangmangu bersama istri. Kami mampir di sebuah kedai kopi di pingiran jalan Tawangmangu. Sakaw Coffee namanya. Kedai ini menyajikan kopi sebagai minumannya spesialnya.

IMG_20160821_195132

Berdiri di atas bangunan berlantai dua, terletak persis di depan Kantor BPTO Tawangmangu. Dari pasar tawangmangu, anda harus naik ke atas terus saja, sampai bertemu papan nama bertuliskan Sakaw Coffe di sebelah kiri jalan. Bagian depan kedai ini dihiasi dengan lampu warna – warni pada malam hari. Tulisan Sakaw yang cukup besar menegaskan nama kedai ini. Bagian lantai 1 terdapat meja kasir dan sebuah meja kayu dan kursi untuk tempat duduk pengunjung. Di sebelah kanan kiri, terdapat meja kursi yang ditata menghadap ke arah jalan raya. Anda bisa menikmati kopi sambil melihat jalanan di depan kedai ini.

IMG_20160821_193847

Bangunan lainnya terletak di lantai dua, disangga oleh beberapa tiang penyangga. Deretan meja dan kursi yang ditata rapi memenuhi kedai ini di bagian atas. Suasana yang temaram akan anda dapatkan dari sorotan lampu yang khas seperti lampu di rumah tradisional jawa. Kedai di bagian atas ini sangat cocok untuk bersantai bersama orang – orang tercinta sambil menikmati kopi. Dari sini pula kita bisa melihat pemandangan jalan raya dan sekitar kedai Sakaw Coffee. Udara dingin khas Tawangmangu menambah nikmat suasana di tempat ini.

Ada banyak varian kopi yang disuguhkan di Sakaw Coffee. Mulai dari Black Coffe seperti Robusta, Arabica, Sumatra,Flores dan lainnya. Java Coffee seperti kopi luwak juga tersedia. Varian kopi modern seperti Capuccino dan chocolate siap memanjakan lidah anda.

IMG_20160821_191353_HDR

Saya memilih Coffee Latte, kopi yang dicampur dengan coklat dan krim. Rasanya hmmm, nikmat sekali. Pahitnya pas, dan krimnya menyatu dengan kopi. Untuk menemani secangkir kopi, saya memesan beberapa makanan di sini. Roti Jepit, Tape Gunung dan Gedhang Owol. Tape gunungnya enag, manis dan tidak eneg. Sementara Gedhang Owolnya yang berbahan dasar pisang, tak kalah enak, empuk dan tidak keras. Tambah nikmat dengan taburan irisan keju dan coklat di atasnya.

Menikmati secangkir kopi bertemankan udara dingin di Tawangmangu membuat suasana sangat rileks. Suasana di Sakaw Coffee ini sangat cocok untuk ngobrol santai. Alunan musik – musik lawas dan pop menambah betah dan berlama – lama di tempat ini. Jika anda sedang berkunjung ke Tawangmangu, singgahlah di Sakaw Coffee ini. Buka mulai pukul 09.00 – 22.30 malam.

Tawangmangu memang eksotis, selain tempat wisata yang menjadi primadona seperti Grojogan Sewu dan Taman Balai Kambang, juga menyimpan tempat – tempat lain yang tak kalah menariknya. Sekedar melepas penat dan menikmati hangatnya udara pegunungan dengan secangkir kopi di Sakaw Coffee.