Paralayang

Pesona Bukit Paralayang Segoro Gunung Ngargoyoso

Ngargoyoso merupakan salah satu destinasi wisata yang tak kalah ramai dengan tempat lain, seperti Tawangmangu misalnya. Di kecamatan tempat lahir Wakil Bupati sekarang ini, banyak tersimpan potensi wisata yang masih tersembunyi. Dan salah satu tempat eksotis yang belum begiru banyak dikenal adalah bukit Paralayang yang terletak di Desa Segoro Gunung, Ngargoyoso

Pagi di Bukit Paralayang

Pagi di Bukit Paralayang

Untuk sampai ke bukit paralayang, anda harus mengambil rute ke arah Ngargoyoso. Kalau anda dari solo atau karanganyar, ambilah rute melewati jalan Lawu Karanganyar – Bejen – Terminal Karagpandan, kemudian ke arah Ngargoyoso. Setelah sampai di Kemuning, ambil jalan menuju ke Desa Segoro Gunung. Banyak jalan menuju ke tempat tersebut. Saya lebih sering mengambil jalan tepat di pertigaan di depan Puskesmas Ngargoyoso. Menyusuri jalanan kecil melewati perkampungan. Begitu mulai masuk Desa Segoro Gunung, jalanan menanjak akan anda temui. Lokasi bukit paralayang tidak jauh dari Kebun Teh Kemuning yang terkenal itu. Sayangnya belum banyak penunjuk arah di sekitar jalan raya. Bagi anda yang bukan berasal dari Ngargoyoso, anda harus rajin bertanya ketika mulai masuk di wilayah Kemuning.

Bukit Paralayang

Pemandangan di Bukit Paralayang

Bukit Paralayang ini, sesuai namanya memang digunakan untuk olahraga ekstrim paralayang. Start paralayang memang dilakukan dari bukit ini. Pada hari biasa, anda harus melakukan pemesanan untuk mencoba olahraga yang satu ini. Pemandu lokal belum tentu ada pada hari biasa. Harga perpaketnya cukup terjangkau, setiap traveler dipatok tarif sekitar Rp. 300 ribu untuk pemesanan minimal 4 orang. Mereka akan diajak terbang tandem selama 10-20 menit mengelilingi luasnya perkebunan teh yang hijau. Jangan lupa untuk membawa bekal kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen anda. Pada akhir pekan anda dapat ditemani instruktur profesional untuk terbang bersama anda, hanya saja akan sedikit lebih ramai.

Selain untuk olahraga paralayang, tempat ini kini menjadi salah satu tujuan melepas penat, terutama anak – anak remaja. Lokasinya yang cukup tinggi dan udaranya yang sejuk ditambah dengan pemandangan yang mempesona menjadi daya tarik tersendiri. Pada akhir pekan atau hari libur tempat ini biasanya menjadi sedikit lebih ramai. Selain itu, bukit paralayang ini juga bisa anda gunakan untuk mencari spot sunrise dari gunung lawu. Atau mencoba mencari sunset dari bukit ini. Syaratnya asalkan kondisi cuaca mendukung. Maklum saja, berada di lereng Gunung lawu membuat cuaca di tempat ini susah ditebak. Pada hari libur atau hari besar, terutama malam tahun baru, bukit Paralayang ini menjadi salah satu tempat favorit untuk ngecamp.

Cobalah mengunjungi tempat yang satu ini bersama keluarga atau teman anda. Nikmati pesona alam yang mengagumkan dan udara yang sejuk di Bukit Paralayang Segoro Gunung.