Taman Balekambang

Menjelajahi Keajaiban Dunia di New Taman Balekambang Tawangmangu

Mengunjungi tempat – tempat terkenal di dunia tentu menjadi sebuah kebanggaan, bahkan menjadi keinginan semua orang. Namun biaya yang mahal dan waktu yang lama untuk mengunjungi tempat – tempat tersebut menjadikan keinginan tersebut sulit terwujud.

Di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, tepatnya di Tawangmangu terdapat taman Balekambang.  Taman ini sudah ada sejak jaman dahulu. Taman ini merupakan salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempatnya yang sejuk dan suasana yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga menjadi salah satu primadona. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati indahnya alam di sekitar Taman Balekambang ini.

Miniatur Hollywood

Miniatur Hollywood

Lalu apa hubungannya dengan tempat – tempat terkenal di dunia?

Pada tahun 2016 ini pengelola Taman Balekambang Tawangmangu menyulap sebagian wahana yang ada dan membangun miniatur dunia di sini. Taman ini sekarang terkenal dengan nama New taman Balekambang. Kita bisa men jumpai beberapa miniatur bangunan terkenal dari berbagai negara seperti Tembok Raksasa Tiongkok, Patung Sphinx dari Mesir, Piramida Mesir, Hollywood, Monumen Arc De Triomphe, Menara Eiffel, Candi Borobudur di tempat ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sekitar Rp. 12.000, anda bisa sepuasnya menikmati wahana tersebut dari dekat. Anda bahkan bisa berfoto selfie dengan background miniatur-miniatur terkenal itu.

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Miniatur Menara Eiffel

Miniatur Menara Eiffel

Taman Balekambang Tawangmangu ini terletak tak jauh dari obyek wisata Grojogan Sewu. Miniatur dunia yang dibuat memang tergolong mini. Menurut pengelola Taman Balekambang, bangunan – bangunan miniatur dunia itu sengaja dibuat mini. Sekali melangkah, anda serasa sudah berpindah negara. Konsep  selfie memang sengaja diusung sejak awal tahun ini. Jadi, tempat ini sangat cocok bagi anda yang gemar berfoto ria. 

Background Gunung Fuji

Background Gunung Fuji

Selain miniatur,  ada pula background foto Gunung Fuji, lengkap dengan Torii alias gerbang tradisional khas Jepang. Kalau anda berkunjung ke Taman Balekambang Tawangmangu ini, anda dapat memanfaatkan seluruh dinding untuk mengabadikan momen berharga bersama keluarga. Pesona ala kampung tradisional lengkap dengan gerobak sapi dan lumbung kuno, serta lesung dan sawahnya menjadi hal lain yang akan memanjakan mata anda.

Miniatur Piramida

Miniatur Piramida

Fasilitas lain yang terdapat di Taman Balekambang Tawangmangu ini adalah wahana permainan. Untuk menikmati wahana ini anda harus membayar sendiri seperti becak mini, atv, sepeda mini, sepeda listrik, flying fox, dan lainnya tentu dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk menuju ke Taman Balekambang Tawangmangu tidaklah sulit. Dari arah Solo, anda  tinggal berkendara melalui jalur Solo – Tawangmangu. Lokasi New Taman Balekambang ini terletak tidak jauh dari Objek Wisata Grojogan Sewu, Tawangmangu. Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum bisa menaiki bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dari Kota Solo dan turun di Tawangmangu. Bus Rukun Sayur atau Langsung Jaya bisa menjadi pilihan.

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Tawangmangu tanpa membawa oleh – oleh. Di sekitaran bagian depan Taman Balekambang banyak terdapat penjual oleh – oleh khas Tawangmangu. Anda akan dengan mudah menemukannya. Anda penasaran? Silahkan kunjungi tempat ini.