Unlock Bootloader

Mengenal Cara Unlock Bootloader pada Perangkat Xiaomi

Halo sahabat slaranesia, kali ini saya akan share tentang fitur unlock bootloader pada perangkat xiaomi. Sebelumnya perlu kita ketahui apa itu unlock bootloader atau sering disebut UBL oleh para developer ini. Unlock bootloader adalah semacam kode yang harus dijalankan sebelum sebuah OS running atau berjalan. Fitur ini sebenarnya umum terdapat di semua perangkat, baik mobile maupun PC sekalipun. Hanya saja masing – masing vendor memiliki ciri khas masing – masing. Bootloader pada perangkat android berfungsi untuk memberikan perintah kepada kernel OS untuk booting secara normal. Jika anda mencoba menginstal ROM/OS pada perangkat dengan bootloader terkunci, maka bisa berakibat fatal. Entah itu soft brick, hard brick, hal ini terjadi karena sistem gagal menjalankan booting.

Untuk sobat ketahui, selama ini xiaomi dikenal sebagai vendor yang memproduksi perangkat dengan keadaan bootloader terbuka. Itu artinya dengan mudah pengguna xiaomi mengganti ROM asli dan memodifikasinya sesuai selera. Untuk anda yang hobi utak atik ROM, bootloader yang terbuka memang sangat menyenangkan.

Apa yang tidak bisa anda lakukan jika xiaomi masih terkunci?

  • Tidak bisa pasang/Flash Costum Recovery seperti TWRP atau CWM
  • Tidak bisa menggunakan Costum ROM sehingga hanya bisa menggunakan ROM official dari MIUI
  • Dibeberapa device tidak bisa di root
  • Update via Mi Recovery membutuhkan Mi PC Suite

Nah, kini xiaomi merilis perangkat barunya beberapa waktu yang lalu. Hanya saja, perangkat tersebut mempunyai lock bootloader. Itu artinya perangkat – perangkat tersebut tidak bisa dioprek semudah dulu. Alasannya adalah demi keamanan pengguna dan xiaomi sendiri. Anda harus membuka terlebih dahulu bootloadernya jika ingin ngoprek device ini. Perangkat – perangkat keluaran terbaru tersebut antara lain adalah Redmi Note 3, Mi 4c, Mi Note Pro, Redmi 3, Mi 5, Mi Max. Tetapi anda jangan khawatir, xiaomi rupanya menyediakan jalan untuk anda yang senang utak -atik android. Caranya adalah dengan UBL alias unlock bootloader.

Lalu, bagaimana caranya? Silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Pastikan anda sudah mempunya MI account ya, jika belum punya silahkan mendaftar di en.miui.com.
  • Buka en.miui.com/unlock lalu klik UNLOCK NOW.
Unlock Bootloader

Unlock Bootloader

  • Lalu isi full name, phone number (ubah ke negara Indonesia +62) dan reason to unlock (dalam bahasa inggris). Tulis alasan anda mengapa meminta unlock, sebagai contoh : My phone is  boot loop. Please approve my unlocking request
  • Pastikan centang tanda persetujuan syarat & ketentuan lalu klik Apply Now.
  • Setelah langkah ini, akan ada sms notifikasi yang dikirim ke nomor hp anda, masukan kode verifikasi tersebut di web
  • Langkah terakhir, silahkan menunggu kira-kira seminggu sampai 10 harian, jika sudah di approve nanti akan dikirim melalui pemberitahuan melalui sms.

Saya anggap semua langkah di atas lancar dan anda sudah mendapatkan sms pemberitahuan. Kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

  1. Download Mi Unlock terlebih dahulu lalu instal di Laptop/PC anda.
  2. Pastikan device anda sudah diflash ke ROM Developer versi apa saja, bukan yang stable.
  3. Jalankan MiUnlock lalu masukkan Mi Account dan password anda. Pastikan PC atau Laptop mempunyai koneksi internet yang stabil.
MI Unlock

MI Unlock

Matikan device dan masuk ke FASTBOOT MODE dengan cara tekan VOL – dan POWER bersama – sama. Jangan lupa hubungkan dengan USB ke PC/Laptop.

MI Unlock

MI Unlock

Klik UNLOCK dan tunggu hingga proses unlock bootloader selesai.

Unlock Selesai

Unlock Selesai

Klik REBOOT PHONE untuk Restart

Nah, demikian tadi cara untuk unlock bootloader untuk beberapa perangkat xiami yang saya sebutkan di atas. Setelah UBL selesai, anda dapat memasang ROOT, TWRP, Costum ROM dan yang lainnya. Semoga bermanfaat.

CATATAN :

Biasakan back up data – data penting di perangkat anda

DWYOR ya ( Do With Your Own Risk )