Xiaomi

Mengenal Cara Flashing ROM MIUI

Halo sahabat slaranesia, anda pengguna perangkat xiaomi? Produsen HH dari negeri Tiongkok ini memang keren. Belum lama ini, xiaomi meluncurkan produk terbarunya, yaitu xiaomi Mi5 yang begitu memikat. Pun demikian, produk xiaomi lainnya juga memiliki kekhasan tersendiri. Salah satu kekhasan perangkat xioami adalah memiliki user interface yang unik, yang diberi nama MIUI.

Nah, xiaomi menyediakan kemudahan kepada penggunanya dengan memberikan banyak jenis ROM. Anda pengguna xiaomi tentu sudah sangat familiar dengan hal ini. Gonta – ganti ROM pasti sudah sering dilakukan oleh pengguna xiaomi, baik itu ROM china maupun ROM global. Bagi anda yang baru menggunakan xiaomi mungkin akan sedikit kesulitan. Tetapi itu hanya masalah kebiasaan saja, kalau anda sudah terbiasa pasti akan sangat mudah berganti ROM.

Berikut ini beberapa cara flashing ROM MIUI ( upgrade/ganti ROM ) yang dapat anda coba.

Pertama, flashing via updater

Cara ini biasa dilakukan untuk mengupdate ROM secara otomatis. Biasanya perangkat akan mendapatkan notifikasi pembaruan ROM jika sudah tersedia versi OTA. Caranya sangat mudah, buka perangkat xiaomi anda, kemudian pilih check for update. Jika sudah tersedia anda tinggal mendownloadnya. Kalau sudah selesai perangkat akan restrrt secara otomatis.

OTA Updater

OTA Updater

Kedua, flashing via Recovery

Cara ini dapat digunakan jika saat ini anda menggunakan MIUI  versi Stable atau versi China Developer / Global BETA. Jika anda menggunakan China Developer Version / Global BETA, sangat disarankan untuk menghapus semua data anda via Recovery Mode sebelum melakukan flashing ROM MIUI Global Stable.

Download ROM MIUI yang sesuai untuk perangkat Anda. Setelah download selesai, tempatkan file ROM di Internal Storage (bukan di dalam Folder). Kemudian ubah nama file hasil download tadi dengan nama update.zip.

Buka Aplikasi UPDATER. Tekan tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih “CHOOSE UPDATE PACKAGE”. Pilih file ROM yang sebelumnya telah Anda download ( yang sudah diubah menjadi update.zip ) dan perangkat Xiaomi Anda akan secara otomatis diperbaharui.

Flash Via Recovery

Flash Via Recovery

Ketiga, flashing via Fastboot

Untuk cara flash ROM MIUI dengan metode fastboot, silahkan baca artikel saya yang lain Cara Mengatasi Gagal Flash ROM Via Fastboot

Flash Via Fastboot

Flash Via Fastboot

Demikian tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk upgrade/downgrade ROM MIUI kesayangan anda. Selalu berhati – hatilah dalam flashing ROM MIUI, karena dapat mengakibatkan perangkat xiaomi anda bootloop atau brick. Semoga bermanfaat.