Mencoba Jaringan 4G Indosat Ooredoo di Solo

Kehadiran 4G di Solo membuat masyarakat di kota ini bisa merasakan teknologi akses data berkecepatan tinggi. Beberapa operator kabarnya juga menggelar layanan 4G di kota ini.  Salah satunya Indosat yang kini berganti nama menjadi Indosat Ooredoo. Kini layanan 4G Indosat sudah bisa dinikmati oleh pelanggannya dengan terlebih dahulu menukarkan simcard menjadi simcard 4G di griya indosat terdekat. Saya pun juga tertarik untuk mencobanya, beberapa waktu yang lalu saya menukarkan simcard saya dengan simcard 4G.

Prosesnya cukup mudah. Hanya dengan KTP saja kita akan dilayani oleh customer service untuk berpindah ke simcard 4G. Setelah pengisian dan konfirmasi identitas diri selesai, saya mendapatkan pilihan untuk memilih paket internet. Dengan berbagai pertimbangan, saya memilih paket kuota Rp. 49.900 per bulan. Saya mendapatkan total kuota sekitar 11G lebih. Oh ya, saat berpindah kartu ini, pulsa di kartu yang lama akan hilang, tidak bisa ditransfer ke kartu 4G yang baru. Saya cukup menunggu sekitar 15 menit untuk menyelesaikan aktivasi kartu 4G ini.

Griya Indosat Solo

Griya Indosat Solo

Saya memulai mencoba menggunakan jaringan 4G milik operator berwarna kuning ini. Perangkat yang saya gunakan adalah xiaomi redmi 2 prime yang sudah support jaringan 4G/LTE. Begitu ponsel dinyalakan, sinyal 4G belum keluar, masih otentifikasi. Selang 1 menit baru sinyal bertuliskan 4G muncul di bar handphone besutan china ini. Itu artinya saya siap menjelajah dunia maya dengan jaringan 4G.

Simcard 4G Indosat

Simcard 4G Indosat

Saya mencoba jaringan 4G indosat ini di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Di kawasan ini sinyal 4G relatif stabil. Browsing cepat, aktivitas berkirim pesan dengan sosial media juga tanpa delay. Sinyal 4G ini mengcover di sepanjang jalanan utama kota solo, sampai sekitaran kampus UNS dan perbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Saya pun mencoba mendownload file dengan ukuran cukup besar, sekitar 700 MB. Hasilnya file tersebut selesai didownload dalam waktu kurang dari 10 menit. Cepat menurut saya, biasanya download file seperti itu membutuhkan waktu 1- 2 jam jika menggunakan wifi speedy di kantor. Sampai disini saya puas dengan kinerja jaringan 4G indosat di kota solo. Sewaktu saya ke Solo Baru, ternyata daerah ini juga tercover jaringan 4G indosat. Hampir sama dengan di solo, kekuatan sinyalnya cukup baik dan stabil. Sayangnya saya tidak dapat mengukur kecepatan upload dan downloadnya. Bagaimana dengan batas daerah barat dan utara wilayah solo? Mohon maaf saya belum pernah mencoba di kawasan utara dan barat seperti apa kekuatan sinyal 4G ini.

Bagaimana dengan tempat saya tinggal? Nah, di Karanganyar sendiri jaringan 4G belum tersedia. Artinya saya hanya bisa memanfaatkan jaringan indosat di bawahnya, yaitu 2G dan 3G. Ada yang berubah dengan jaringan indosat sepertinya. Pasalnya, kalau di rumah sinyal ponsel saya hanya E, tetapi dengan sinyal E tersebut saya dapat browsing, bersosial media tanpa hambatan. Hal itu tidak bisa saya lakukan sebelum saya mengganti simcard dengan simcard 4G. Nyaman, itu yang saya rasakan sekarang. Walaupun juga ada sisi kekurangannya. Sinyal indosat sering hilang muncul ketika menggunakan simcard 4G dan di ponsel jaringan diatur dengan pilihan jaringan 4G. Kita berharap ekosistem teknologi tinggi yang kini hadir juga dibarengi dengan penambahan infrastruktur yang mendukungnya di berbagai pelosok tanah air. Sehingga teknologi ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat.