Kantin Kejujuran

jujurAda yang menarik ketika saya berkunjung ke Gramedia Solo tadi. Di pojok pintu ,masuk sebelah selatan ada yang tak biasa. Awalnya saya tidak menyadarinya, tetapi setelah saya mendekat baru terlihat jelas. Terdapat papan dengan beberapa majalah dan beberapa uang di sana. Ternyata tempat tersebut adalah kantin kejujuran. Sebuah hal yang sangat tepat saya kira, mengingat pada saat musim liburan banyak anak – anak yang berkunjung ke Gramedia. Ini akan menjadi sebuah pendidikan karakter tersendiri.

Kejujuran adalah sifat yang kelihatannya sederhana, tapi ternyata sangat mulia. Karena kemuliannya itu, sekarang banyak kantin kejujuran di sekolah-sekolah. Apa saja manfaat kantin kejujuran ini, ya?

Awalnya kantin kejujuran dibuat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia. KPK membuat warung atau kantin kejujuran untuk menanamkan moral jujur dari kecil.

Tata Cara Pembayaran

1. Pembeli mengambil sendiri barang yang diinginkan

2. Pembeli mencatat sendiri barang yang dibeli

3. Pembeli meletakkan sendiri uang pembayaran di kotak uang

4. Pembeli mengambil sendiri uang kembaliannya

Selain unik, kantin kejujuran ini banyak manfaatnya untuk kita. Lalu, apa saja manfaat kantin kejujuran ini?

Berperilaku Jujur

Dengan mencatat sendiri, mengambil sendiri, dan membayar sendiri di kantin kejujuran, tentu kita bisa membiasakan diri untuk berperilaku jujur.

Menaati Peraturan

Tidak hanya itu, kita juga jadi terlatih untuk menaati peraturan dan tata tertib karena kita mengikuti tata cara membeli di kantin kejujuran.

Mandiri

Dengan melakukan pembelian dan pembayaran sendiri, kita juga jadi terlatih untuk mandiri dan bertanggung jawab.

Yuk belajar jujur, mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat