joko ngongak

Menikmati Tubing Ekstrim di Joko Ngongak Adventure

joko ngongak

Mendengar nama Joko Ngongak barangkali sangat asing di telinga anda. Bahkan mungkin tak ada gambaran sama sekali. Ketika anda cari di mesin pencari sekalipun, yang anda dapatkan hanyalah list hasil pencarian yang sebagian besar adalah postingan dari media sosial, terutama instagram. Ya, wajar saja, wahana tubing baru ini memang belum lama dibuka untuk umum. Baru sekitar 2 minggu yang lalu. Saat hari kerja, pengunjung masih sangat sepi, lain dengan hari libur. Pada hari libur tubing ini cukup ramai. 

Lokasi Tubing Joko Ngongak

Joko Ngongak ini merupakan perpaduan antara tubing dan air terjun yang indah di tengah – tengahnya. Lokasinya tepat berada di belakang kantor baru kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. Cukup mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi, bus ataupun dengan sepeda motor. Untuk menuju kesana, kita gunakan patokan dari pasar kemuning, kemudian berjalan sedikit ke utara sampai menemui pertigaan,  dari pertigaan ini ambil arah ke kiri dan ikuti saja jalan tersebut sampai di Kantor Kecamatan Ngargoyoso. Sebuah baliho besar berisi promosi wahana tubing terlihat di tepi jalan.

Loket  dan gerbang yang terbuat dari bambu terlihat masih baru saat saya berkunjung kesana. Hamparan pemandangan alam yang masih asri nan indah memanjakan mata di sekitar lokasi masuk tubing. Sebelum masuk, saya dan teman – teman membayar tiket terlebih dahulu. Tiket masuk di sini sebesar Rp. 50.000, – / orang. Tetapi karena masih promo, saya mendapatkan potongan yang cukup murah. saya membayar Rp. 25.000, – saja, lumayankan, hehe. Setelah membayar tiket, kami dibrifing tentang track yang akan dilewati serta  standar keamanan saat tubing. Helm, pelampung, pelindung tangan dan kaki serta sepatu satu per satu kami pakai. Setelah semua siap, pemandu mengajak kami memasuki area tubing.

Jalanan setapak menurun sepanjang kurang lebih 50 meter harus dilalui untuk menuju titik start tubing Joko Ngongak. Sebuah spanduk bertuliskan START terpampang di tepi sungai. Gemericik arus sungai seakan menyapa kami untuk segera berpetualang. Deretan bebatuan yang cukup besar dan arus sungai yang cukup deras menambah penasaran. Para pemandu menata ban berjejer, menandakan petualangan tubing di Joko Ngongak dimulai.

joko ngongak

Ekstrim Tubing dan Keindahan Air Terjun

Arus yang deras yang mengalir diantara bebatuan benar – benar membuat adrenalin naik. Berjalan berkelok kelok, sesekali terhenti karena ban yang kami naiki tertahan bebatuan, dengan sigap, para pemandu mengatur perjalanan. Berbenturan dengan batu, terguling ke sungai serta merasakan curamnya medan  menjadi sensasi tersendiri tubing di tempat ini. Berbeda dengan tubing di tempat lain di Ngargoyoso, tubing Joko Ngongak memiliki arus dan track yang lebih ekstrim.

Air Terjun Joko Ngongak

Di tengah – tengah perjalanan, kita disuguhi pemandangan yang indah, yaitu air terjun. Air terjun ini juga bernama Air Terjun Joko Ngongak. Dan hanya bisa dinikmati saat kita tubing di sungai ini. Para pemandu mempersilahkan saya dan teman – teman untuk menikmati air terjun ini sepuasnya. Kesempatan ini kami gunakan untuk berfoto dan menyatu dengan air terjun. Airnya sangat segar, fresh rasanya, penat seakan hilang. Tetapi jangan berlama – alam terkena air terjun. Bagi anda yang tidak tahan udara dingin akan menggigil.

joko ngongak

Setelah menempuh tubing sejauh kurang lebih 1,5 km, petualangan saya dan teman – teman harus berakhir. Tepat di bawah jembatan yang menghubungkan Desa Ngargoyoso dengan desa lain di sekitarnya. Kami pun dijemput oleh para pemandu menuju ke lokasi awal. Seru, puas dan menantang, begitu kesan teman – teman saya yang lain. Bagi anda yang ingin mencoba tubing yang lebih ekstrim di Ngargoyoso, cobalah Tubing di Joko Ngongak Adventure.

 

RESERVASI JOKO NGONGAK ADVENTURE

Belakang Kantor Kecamatan Ngagoyoso ( Kantor Baru )

Telp/SMS 085702171800 ( Warno ) / 081548516976 ( Sapto )