Jembatan Jurug

Jembatan Jurug Tempo Dulu

Siapa yang tidak tahu jembatan jurug, jembatan yang dibangun di atas sungai bengawan solo ini merupakan salah satu jembatan yang bersejarah. Menjadi saksi perjuangan serta kebiadaban pemberontakan PKI. Konon katanya banyak terjadi pembantaian di jembatan ini pada masa PKI.

Jembatan jurug, terletak di ujung timur kota Surakarta, atau yang dikenal dengan nama kota Solo.  Jembatan ini jembatan ini menjadi penghubung yang sangat vital. Menjadi jembatan penghubung solo dengan karanganyar, sragen, sukoharjo, serta kota – kota di jawa timur.

Jembatan ini dibangun pada jaman pemerintahan raja Kasunanan Surakarta, Sri Susuhunan Pakubuwono X. Tepatnya pada tahun 1913. Artinya jembatan ini sudah berumur satu abad lebih 3 tahun. Demikian halnya dengan Taman Satwa Taru Jurug, juga dibangun seusia dengan jembatan ini. Jembatan yang lain di sebelah kanan kiri dibangun seiring dengan perkembangan transportasi. Sampai sekarang, ada 3 jembatan utama di atas sungai bengawan solo ini.

Berikut ini beberapa gambar yang menggambarkan keadaan jembatan jurug pada tempo dulu.

Jembatan Jurug

Peresmian Jembatan Jurug

 

Jembatan Jurug

Jembatan Jurug

 

Jembatan Jurug

Jembatan Jurug

Cukup susah memang mencari sumber sejarah dari pembangunan jembatan jurug ini. Barangkali informasi yang saya tulis juga sangat terbatas, tetapi semoga bisa bermanfaat.