ROM Distributor

Cara Membedakan ROM Distributor Xiaomi

Halo sahabat, kali ini saya akan membahas salah satu topik yang sangat sering dialami oleh para pengguna smartphone xiaomi. ROM distributor, anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah tersebut. ROM distributor sering juga disebut dengan ROM abal-abal. Bagi anda pengguna awam dan baru mau beli smartphone xiaomi pasti agak sedikit kebingungan, apa yang dimaksud dengan rom abal-abal?

ROM Distributor

Mengenal ROM Global

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan bagaimana cara membedakan rom abal-abal dengan rom official. Pertama,  anda  harus paham dulu tentang ROM official atau ROM resmi dari xiaomi.  ROM official ada 2 jenis yaitu :

ROM GLOBAL
– ada bahasa indonesia
– ada play store

ROM CHINA
– tidak  ada bahasa indonesia
– tidak ada play store (bisa di install sendiri )

Dari masing masing ROM GLOBAL & ROM CHINA di atas mempunyai 2 versi, yaitu ROM STABLE & DEVELOPER. ROM versi stable keluar setelah versi developer update beberapa kali atau dengan kata lain versi stable itu rapelan dari beberapa kali update versi developer. 

Jadi kalo anda termasuk geek yag tidak sabar untuk mencicipi lebih dulu  fitur terbaru dari MIUI, mungkin anda lebih cocok memakai ROM versi developer. ROM developer mendapatkan update seminggu sekali tiap hari jumat.  Tetapi kalau anda tergolong end user dan tidak terlalu mementingakan update fitur dari MIUI, yang penting masih bisa untuk keperluan standar semisal foto,  upload & eksis di sosial media, anda cukup memakai ROM versi stable aja.

Lalu bagaimana cara membedakan ROM  versi stable dengan ROM developer ?

Pertanyaan ini mungkin yang anda pikirkan, cara membedakannya cukup mudah. Pertama anda cek dulu di download page resmi ROM miui. Sebagai contoh disini saya pakai redmi 4 prime. Pada download page redmi 4 prime (saat tulisan ini ditulis) versi ROM global stable nya adalah V8.1.2.0.MBEMIDI dan ROM developer nya adalah 7.3.23

ROM STABLE

Pada ROM stable yang perlu anda perhatikan disini adalah pada ROM official versi stable ada 4 digit (bukan 5 apa lagi ratusan) angka yang ada pasti dipisahkan oleh “titik” .
Berikutnya perhatikan 5 huruf pertama dari kode versi MBEMI
Kode huruf tersebut mempunyai arti seperti di bawah ini :
M = OS android nya Marshmallow
BE = kode buat redmi 4 prime
MI = berarti global
kalo CN = berarti china 
2 huruf sisanya abaikan saja, karena tidak terlalu penting. 

DEVELOPER
7 = tahun 2017
3 = bulan 3 (maret)
23 = tanggal 23

Judulnya tips membedakan ROM distributor alias ROM abal-abal kok malah bahas rom official gan?
Nah, justru disini ilmunya , kalau anda menemukan versi ROM yang angkanya 5 – ratusan digit atau meski tetap 4 digit tapi kode versinya “CN” dan ada bahasa indonesia sudah dipastikan anda menemukan ROM  dengan jenis ROM abal-abal. Oleh karena itu, pengetahuan tentang bagaimana cara membaca versi ROM official yang baik dan benar sangat diperlukan agar tidak tertipu dengan ROM distributor atau  ROM abal-abal. Demikian semoga bermanfaat.