Redmi Note 3

Cara Flash ROM Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan ROM Global Stable

Halo sahabat slaranesia, beberapa waktu yang lalu, xiaomi merilis produk barunya. Dan seperti biasa, para pecinta gadget asal negeri tiongkok ini menyambutnya dengan sangat antusias. Harganya yang relatif murah, tetapi mempunyai fitur yang tak kalah dengan gadget dengan harga yang jauh di atasnya. Ini menjadi salah satu alasan kenapa produk – produk xiaomi banyak diburu oleh para penggemarnya.

Perlu anda ketahui, Redmi note 3 mempunyai 2 varian. Redmi Note 3 standar dan Redmi Note 3 Pro. Perbedaannya dimana? Perbedaannya adalah di dapur pacu kedua ponsel ini. Redmi Note 3 standar dibekali Helio X10 MediaTek Flagship Processor. Sedangkan Redmi Note 3 Pro dibekali prosesor dari Qualcomm Snapdragon 650 yang memiliki top speed 1.8GHz. Mau pilih yang mana? Ini masalah selera saja, kebanyakan pengguna lebih memilih Snapdragon dalam perangkat mereka.

Ada satu perbedaan lagi yang jarang diketahui oleh para pengguna Redmi Note 3 Pro. Kebanyakan perangkat ini dijual di luar negeri. Itu artinya tidak dijual secara resmi di tanah air. Dan dapat dipastikan, garansi dari Redmi Note 3 Pro adalah garansi distributor. Biasanya pengguna Redmi Note 3 Pro akan mengeluh mendapatkan ROM dalam perangkatnya bukan ROM Resmi alias ROM abal – abal. Jadi kalau anda ingin membeli yang resmi di Indonesia, anda akan mendapatkan perangkat Redmi Note 3 standar.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara merubah ROM distributor ke ROM Global Stabil pada Redmi Note 3 Pro. Sebelum anda flash perangkat anda, budayakan back up. Satu hal lagi, beberapa kasus brick atau kesalahan flash pada Redmi Note 3 Pro yang menyebabkan bootloop masih susah ditemukan solusi untuk unbrick. Jadi pastikan anda benar – benar yakin sebelum melakukan flashing. DWYOR ya.

Langkah pertama, siapkan bahan – bahan di bawah ini.

  • Adb download disini
  • PdaNetA4180.exe download disini
  • ROM Xiaomi Redmi Note 3 Pro Global Stable MIUI 7.1 disini
  • Mi Flash 
  • Pastikan juga, MI PC Suite sudah terinstal.

Setelah semua bahan siap, kita lanjutkan ke instal bahan di atas.

Pertama, instal PDANet dan Mi Flash sampai selesai terlebih dahulu.

Instal PdaNet

Instal PdaNet

Kedua, ekstrak Adb yang sudah anda download ke direktori atau drive C.

Ekstrak ADB

Ekstrak ADB

Ketiga, ekstrak ROM Global Stable yang sudah didownload ke drive C.

Setelah semua proses instal selesai, kita lanjutkan ke langkah flashing.

Pertama, hidupkan opsi pengembang atau developer option di perangkat anda.

Caranya masuk ke Setting – About phone. Tekan beberapa kali di MIUI version hingga muncul, you are now a developer!  Kembali lagi masuk Setting – Additional setting – Developer option, dan nyalakan atau centang pada USB debugging

Kedua, hubungkan perangkat anda dengan PC menggunakan kabel USB bawaan dari Redmi Note 3 Pro.

Ketiga, buka folder adb hasil extract tadi di drive C. Tekan ctrl+shift kemudian klik kanan pada mouse di dalam folder abd dan pilih open command window here.

Membuka Command ADB

Membuka Command ADB

Keempat,  ketikkan perintah  adb devices  kemudian enter dalam cmd.

Kemudian ketikan perintah adb reboot edl  kemudian enter.

Selanjutnya buka Mi Flash dan arahkan ke folder tempat penyimpanan ROM Global yang sudah diekstrak tadi dan pilihlah folder image.

Pilih Browse dan pilih Edvanced arahkan ke folder ROM yang sebelumnya di extract sama seperti diatas dan pilih  flash all atau bisa dengan doubel klik flash all. 

Mi Flash

Mi Flash

 

MiFlash : Flash All

MiFlash : Flash All

Kemudian tekan refresh hingga muncul port COM. Selanjutnya tekan flash dan jangan mencabut atau memutuskan sambungan Redmi Note Pro Anda dengan komputer selama proses flashing.

Jika sudah muncul ” the operation completed successfully”  dalam MiFlash berarti proses flashing telah selesai.

Hidupkan perangkat anda dan Xiaomi Redmi Note 3  anda siap untuk digunakan.

Demikian cara merubah ROM pada Redmi Note 3 Pro, jangan lupa selalu ya, DWYOR alias semua resiko harus siap anda tanggung sendiri, termasuk bootloop dan sebagainya. Semoga bermanfaat.