Cara Mengatasi Gagal Flash ROM MIUI via Fastboot

Selamat pagi sahabat slaranesia, pagi ini saya akan memberikan tips bagi pengguna ROM MIUI atau yang terkenal dengan brand xiaomi. Gadget keluaran negara tirai bambu ini memiliki keunikan tersendiri. User Interface androidnya dibuat khusus dan lebih menarik, dikenal dengan ROM MIUI.

Xiaomi pun membuat beberapa jenis ROM yang juga unik. Ada 4 jenis ROM MIUI, ada yang khusus untuk china dan ada yang untuk pengguna global alias seluruh dunia. Kebanyakan pengguna xiaomi menunggu – nunggu keluarnya update ROM global ini. Xiaomi memang memanjakan penggunanya dengan sering sekali memberikan update ROM kepada usernya. Ada yang mingguan dan ada yang agak lama, bulanan.

Eror Flash ROM Fastboot

Eror Ketika Flash ROM via Fastboot

Ada kalanya ketika mengupdate ROM ini pengguna MIUI mengalami kesulitan. Ketika proses update, gadget atau device xiaomi malah mati sendiri, bootloop, hp berhenti di logo saja atau mengalami eror sejenisnya. Update gagal dan hp xiaomi malah menjadi eror.Β  Solusinya hp kita harus di instal ulang kalau istilah komputer. Flashing ROM kalau untuk gadget. Yang paling mudah adalah device xiaomi kita flash lewat fastboot. Ketika flash Β dengan cara ini, kadang juga belum tentu berhasil. Contohnya muncul eror seperti cara di atas.

Tutori ini adalah hasil pengalaman saya. Ketika saya gagal flash HH saya , muncul eror seperti gambar di atas. Akhirnya saya googling sana sini dan alhamdulillaah berhasil. Caranya sebagai berikut :

Download full ROM fastboot, ingat ya yang fastboot sesuai dengan jenis device kita di web resmi xiami (www.en.miui.com)

Download dan instal Mi Flash Tool ( download disini )

Download dan instal MI PC Suite ( http://en.miui.com/thread-92720-1-1.html )

Setelah semua bahan siap, lakukan flashing seperti biasa via fastboot.

Nah, ada kalanya flashing via fastboot ini juga gagal. Di PC kita keluar eror seperti ini

Flashing ROM Eror

Flashing ROM Eror

Anda pernah mengalaminya? Selamat, sama kalau sudah, saya dulu sempat bingung, terus bagaimana cara mengatasinya? Setelah mencari kesana kemari, akhirnya saya menemukan bagaimana cara mengatasi gagal flash ROM MIUI via fastboot. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke fastboot mode, tekan tombol power dan volume bawah bersamaan
  • Hubungkan hp dengan PC
  • Ekstrak file zip fastboot anda, kemudian copykan seluruh isi folder images ke direktori penginstalan mi flash tool anda. Biasanya di C:/Program Files / xiaomi / MiPhone / Google / Android. Nah copykan disini. Jangan sampai salah copy ya. Jangan pula sampai salah download ROM.
  • Kalau sudah, tekan tombil shift dan klik kanan bersamaan di tempat tersebut, kemudian pilih OPEN COMMAND WINDOW HERE.
  • Kemudian tuliskan kode – kode di bawah ini satu per satu sampai selesai (satu kode di enter begitu seterusnya)
     fastboot flash tz tz.mbn
     fastboot flash dbi sdi.mbn
     fastboot flash sbl1 sbl1.mbn
     fastboot flash rpm rpm.mbn
     fastboot flash aboot emmc_appsboot.mbn
     fastboot erase boot
     fastboot flash misc misc.img
     fastboot flash modem NON-HLOS.bin
     fastboot flash system system.img
     fastboot flash cache cache.img
     fastboot flash userdata userdata.img
     fastboot flash recovery recovery.img
     fastboot flash boot boot.img
     fastboot reboot
  • Hp akan restart sendiri setelah kode terakhir dan hp anda kan hidup lagi
  • Untuk perangkat keluaran terbaru, atau yang mempunyai lock bootloader hati – hati, jangan sembarangan flash dengan cara ini, bisa berakibat mati total. Pelajari cara unlock bootloader terlebih dahulu.

Setelah reboot biasanya agak lama untuk hidup, jadi bersabarlah. Β Ingat ya DWYOR ( Do With Your Own Risk ) ,jadi berhati – hati ya sobat semua. Ini berdasarkan pengalaman saya, boleh jadi di type HH tertentu akan berbeda hasilnya. Bisa jadi berhasil, bisa jadi juga tidak berhasil.Semoga berhasil.