Redmi 2 Prime

Cara Flash Redmi 2 Prime ke ROM Global

Redmi 2 Prime

Redmi 2 Prime

Anda pengguna smartphone xiaomi redmi 2? Coba cek di dos box smartphone anda, termasuk jenis redmi 2 prime yang mana. Redmi 2 prime dengan seri 2014811,2014817 atau ada yang 2014813, atau sering disebut ekor 13. Bagi anda yang mendapatkan redmi 2 prime dengan ekor 13, saya ucapkan selamat, bisa dipastikan bahwa smartphone anda adalah smartphone spesial. Kenapa saya katakan spesial, karena smartphone ini adalah smartphone yang beredar asli di negara china. Selain itu, biasanya para pembeli akan mendapatkan ROM yang tidak asli, alias abal – abal dari distributor. Atau mungkin diantara anda pengguna redmi 2 prime ekor 13 ada yang mendapatkan ROM china. Dan tentu saja, ROM yang abal – abal ini tidak akan mendapatkan update resmi dari xiaomi.

Nah, saya yakin anda yang menggunakan ekor 13 agak gerah dengan ROM distributor yang kadang berbahasa planet alias bahasa china. Menu bahasa indonesia tidak support dan sebagainya. Beruntung bila anda masih mendapatkan ROM asli yang versi china. Kalau tidak, tentu anda ingin menggunakan ROM Global yang akan selalu mendapatkan update.

Caranya adalah anda harus flash device anda dengan ROM global. Kali ini akan saya bagikan cara flash ROM distributor pada redmi 2 prime dengan ROM Global. Sebelum anda mulai, back up terlebih dahulu data – data penting anda. Kemudian siapkan bahan – bahan untuk flashing, antara lain :

Mi Flash bisa anda download disini, jangan lupa diinstal kalau sudah selesai.

Mi PC Suite bisa anda download disini, jangan lupa diinstal kalau sudah selesai.

 ROM Global Redmi 2 versi fastboot, bisa anda download disini

Modem NON-HLOS.bin bisa anda download

Kalau semua bahan sudah siap, langsung saja kita mulai langkah flashing ke ROM Global

Pertama, ekstrak ROM Global yang anda download tadi ke drive C atau D.

Lalu jalankan Mi Flash, lalu pilih browse atau cari file ke folder yang tadi anda extract contohnya : “wt88047_global_images_V6.6.8.0.KHJMICF_20150721.0000.5_4.4_global_81167814b” . Lihat gambar di bawah

Mi Flash

Mi Flash

Kemudian matikan Redmi 2 anda lalu tekan vol bawah (-) dan tekan power bersamaan, ( masuk mode fastboot) dan hubungkan ke PC/laptop anda sampai terdeteksi perangkat di miui flashtool, klik [Refresh] jika perangkat tidak terdeteksi.

Jika sudah terdeteksi, klik flash dan tunggu sampai finish dan redmi 2 prime anda kan reboot sendiri. Biasanya agak lama saat sudah berhasil, jadi sabarlah menunggu. Sampai disini kita belum selesai flash ke ROM Global devicenya. Kenapa? Karena redmi 2 prime itu berasal dari china, maka modem yang berada di ROM Global harus kita ganti dengan modem aslinya. Caranya sebagai berikut :

  • Copy modem NON-HLOS.bin dan tempatkan di C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android (by default mi phone)
  • Dalam folder itu tekan Shift > Klik kanan > Open command windows here.
  • Hubungkan perangkat anda dalam Fastboot mode ( tekan volume bawah dan power bersamaan )
  • Ketik “fastboot flash modem NON-HLOS.bin” (di cmd / command promt windows tadi tanpa tanda petik)
  • Setelah selesai, ketik ” fastboot reboot “, tanpa tanda petik.

Atau anda bisa membaca postingan saya tentang  Mengatasi Sinyal Hilang Redmi Ekor 13. Demikian tadi sedikit tutorial untuk merubah ROM china atau distributor ke ROM Global pada perangkat redmi 2 prime anda. Semoga bermanfaat.