Paralayang

4 Tempat Terbaik Berburu Sunset Di Karanganyar

Alam yang indah merupakan salah satu anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang patut kita syukuri. Saah satu bukti keindahan alam yang diberikan kepada kita adalah matahari tenggelam atau lebih kita kenal dengan nama sunset. Menyaksikan matahari berwarna jingga di langit ketika senja dengan syahdu dan mengamatinya hingga tenggelam memberikan pengalaman batin yang luar biasa.

Tak sedikit orang yang secara khusus memburunya ke tempat – tempat yang eksotis yang memiliki pemandangan sunset yang menawan. Rela menunggu berjam – jam hanya untuk mengabadikan peristiwa alam yang hanya berlangsung beberapa menit saja.

Di Indonesia banyak tempat-tempat seru dan sangat indah yang bisa kamu gunakan untuk menyaksikan malam datang dan melihat sunset indah mengantarkan kita menuju kegelapan malam. Tak terkecuali di Kabupaten Karanganyar. Di wilayah ini terdapat banyak spot sunset yang dapat kita nikmati. Bisa jadi wilayah ini dekat dengan anda tetapi belum pernah anda kunjungi ketika senja. Berikut ulasannya :

Candi Cetho

Candi yang terletak di Desa Gumeng, Jenawi ini mempunyai pesona yang luar biasa. Selain bangunan candinya yang indah, tempat ini juga mempunyai pemandangan yang mempesona. Salah satu yang harus anda coba adalah menikmati suasana senja di candi ini. Setelah menaiki bukit di sekitar kebun teh kemuning yang terhampar luas, menaiki jalanan berkelok dan menanjak, anda akan melihat indahnya candi cetho di ketinggian. Melihatnya saat pagi dan siang pasti sudah biasa. Cobalah menikmati candi cetho di saat senja menjelang matahari terbenam. Sangat indah dan menawan pemandangannya. Maha Karya Sang Pencipta yang tersuguh sayang untuk dilewatkan. jangan lupa bawa pengabadi momen saat ke tempat ini.

Sunset Cetho | Foto : http://pariwisatasolo.surakarta.go.id/

Sunset Cetho | Foto : http://pariwisatasolo.surakarta.go.id/

Waduk Lalung

Tempat selanjutnya yang tak kalah menawan adalah Waduk Lalung. Anda pernah mendengarnya? Ya, waduk lalung ini terletak di Desa Lalung, Karanganyar. Persis di kawasan kota karanganyar sebelah selatan. Dari kawasan Taman Pancasila ke selatan atau dari simpang empat bejen ke selatan. Waduk ini biasa digunakan untuk irigasi dan tempat favorit pemancing di Karanganyar. Tapi jangan salah, pemandangan waduk lalung akan eksotis ketika senja menjelang. Anda penasaran? Cobalah datang ke tempat ini saat senja.

Waduk Lalung | Foto : http://topixsolo.blogspot.com/

Waduk Lalung | Foto : http://topixsolo.blogspot.com/

Bukit Paralayang

Kembali ke kawasan timur Karanganyar, bukit paralayang juga tak kalah eksotis ketika senja. Tempat yang berada di desa segoro gunung ini mulai banyak dikunjungi. Berada di sebelah selatan perbukitan candi cetho, bersebelahan dengan perbukitan kebun teh kemuning. Saat langit cerah, kita bisa menyaksikan detik – detik matahari tenggelam dengan sempurna. Sinarnya yang memerah berbentuk bulat sempurna dapat diabadikan dengan baik di bukit ini.

Paralayang

Paralayang

Tawangmangu

Berpindah sedikit ke atas, tempat yang menyuguhkan spot sunset indah selanjutnya adalah Tawangmangu. Ya, siapa yang tak kenal dengan tawangmangu, salah satu tempat wisata yang sangat ramai ini. Ketika senja menjelang, kita bisa mengabadikan momen matahari tenggelam di wilayah ini. Menikmati sunset di puncak Gunung Lawu bisa menjadi pilihan bagi anda yang suka mendaki gunung. Atau agak ke bawah, anda bisa memilih tempat di sekitaran desa pancot dan kalisoro. Dari ketinggian di tempat ini, sunset yang menawan juga dapat anda nikmati.  Di tempat lain di wilayah tawangmangu, dengan mudah anda akan menemukan sunset. Berada di ketinggian menjadikan tawangmangu memiliki banyak spot yang menarik.

Senja di Tawangmangu

Senja di Tawangmangu

Demikian tadi 4 tempat terbaik untuk berburu sunset di Karanganyar versi saya pribadi. Anda boleh setuju atau tidak. Ada baiknya anda buktikan sendiri betapa indahnya senja di tempat – tempat ini. Selamat berburu.