Candi Cetho

4 Candi di Karanganyar

Selamat malam sobat slaranesia, semoga hari anda menyenangkan hari ini. Hari libur tentu anda habiskan untuk bersantai dan mencari udara segar bukan? Jangan lupa untuk mampir ke Karanganyar, tempat destinasi wisata yang murah, tetapi eksotis.

Anda suka berpetualang? Suka dengan peninggalan sejarah? Nah, candi adalah tempat yang cocok untuk anda. Karena dengan mengunjungi candi, kita akan belajar tentang sejarah masa lalu. Bukan hanya mengagumi keindahan karya para pendahulu kita saja. Kali ini akan saya bagikan candi – candi yang ada di Bumi Intanpari. Di Karanganyar ternyata juga menyimpan jejak sejarah leluhur kita. Berikut 4 candi yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Candi Cetho

Candi Cetho

Candi Cetho

Siapa yang tak kenal dengan candi cetho. Candi yang legendaris dan terkenal di bumi intan pari ini. Terletak di perbukitan di gumeng, kecamatan Jenawi. Tak jauh dari kawasan kebun teh kemuning. Letaknya yang cukup tinggi sekitar 1400 mdpl membuat tempat ini sangat sejuk. Cocok buat anda yang mencari udara segar. Candi cetho merupakan candi hindu. Hingga saat ini candi cetho masih digunakan untuk upacara keagamaan umat hindu di wilayah ini. Di kompleks candi ini, ada puri saraswati dan candi kethek. Anda dapat sekaligus mengunjungi 2 tempat tersebut.

Candi Sukuh

Candi Sukuh

Candi Sukuh

Candi kedua yang tak kalah populer adalah candi sukuh. Candi ini terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Berbeda dengan candi cetho, candi sukuh merupakan candi hindu. Letaknya juga lebih rendah, hanya 910 mdpl. Candi sukuh memiliki keunikan tersendiri. Candi ini dikenal dengan candi perlambang kesuburan. Terdapat simnol yang jelas berupa yoni dan lingga di candi ini. Selain itu, candi ini juga dikenal sakral oleh masyarakat sekitar. Ada yang istimewa dari bangunan candi sukuh ini, yaitu bentuknya yang mirip dengan bangunan candi suku Maya di Meksiko.

Candi Palanggatan

Candi Palanggatan

Candi Palanggatan

Berbeda dengan 2 candi sebelumnya, candi palanggatan nyaris tak dikenal oleh masyarakat. Candi ini terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Beberapa peninggalan yang dapat dilihat antara lain berupa arca, yang oleh bagi masyarakat sekitar, masih dianggap sakral dan keramat untuk pemujaan leluhurnya.

Candi yang terletak di jalur wisata lintas desa yakni antara objek Candi Sukuh menuju arah Grojokan Sewu ini menarik wisatawan untuk berkunjung. Candi Palanggatan merupakan tempat yang masih sakral. Bagi masyarakat setempat setiap terbitnya wuku dhukut diadakan upacara tradisi Dhukutan.

Candi Menggung

Candi Menggung

Candi Menggung

Candi ini terletak di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari Grojogan Sewu. Jangan heran jika sepanjang perjalanan menuju Situs Menggung kita akan menjumpai banyak sekali kios tanaman hias. Berbentuk punden berundak, mirip dengan candi kethek di komplek candi cetho. itus Menggung terdiri atas tiga teras. Di teras pertama kita hanya akan menemukan empat buah patung dwarapala yang menjaga tangga menuju teras kedua. Selain sudah aus, patung dwarapala ini sendiri unik karena salah satu patungnya dipahat dua arah, depan dan belakang, persis seperti arca candi cetho.

Demikian tadi 4 candi yang ada di Kabupaten Karanganyar, jangan lupa untuk mengunjungi dan melihat keindahan arsitektur masa lalu ini.